banner 728x250

BPBD Kabupaten OKUS, cepat Tanggap Tanggulangi Bencana alam di Beberapa Kecamatan

Reporter : Rani Dian Purnama sari

Muaradua, detiknasional.com – Tinggi nya intensitas hujan di wilayah Kab Oku Selatan mengakibatkan hujan deras, disertai kondisi tanah yang labil. Kondisi tersebut memicu terjadinya tanah longsor di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Muaradua dan Kisam Tinggi. Sabtu 27 April 2024.

Ketua BPBD Kabupaten OKU Selatan, Koni Ramli, menuturkan pada jurnalis detiknasional, bahwa pada hari Jumat, 26 April 2024, telah terjadi beberapa bencana alam seperti tanah longsor di Desa Tenang Kecamatan Kisam Tinggi, Desa Simpan Tiga Kecamatan Kisam Tinggi “kata Koni Ramli

Baca Juga :  Pelaku Curanmor di Ringkus Reskrim Polsek Baturaja Timur

Selain itu juga, bencana ini melanda tangsi atas Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Muaradua, serta genangan air hujan di Jalan Pemkab, Desa Pelangki Kecamatan Muaradua, dan pohon tumbang di Jalan Desa Wai Gugur, Kecamatan Muaradua “jelasnya

“Kondisi cuaca yang masih musim penghujan di hampir seluruh wilayah OKU Selatan, membuat Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui BPBD menghimbau agar seluruh masyarakat tetap waspada,” ungkap Koni Ramli.

Terutama, mereka yang bermukim di area perbukitan dan aliran sungai. Upaya penanganan bencana pun dilakukan oleh pihak BPBD Kabupaten OKU Selatan di beberapa titik yang terdampak.

Baca Juga :  Pelaku Curanmor di Ringkus Reskrim Polsek Baturaja Timur

Meski begitu, penanganan bencana tidak selalu berjalan mulus. “BPBD Kabupaten OKU Selatan mencatat bahwa, longsor di beberapa titik telah menyebabkan badan jalan yang amblas dan material tumbang,” jelasnya.

Namun, di beberapa lokasi, Badan Jalan yang Amblas sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat dengan satu arah.

Material pohon tumbang juga, sudah dibersihkan dan badan jalan sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

Walaupun BPBD Kabupaten OKU Selatan, telah melakukan upaya penanganan bencana, mereka tetap mengimbau seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Baca Juga :  Pelaku Curanmor di Ringkus Reskrim Polsek Baturaja Timur

Kondisi cuaca yang belum stabil, dan tanah yang labil bisa saja memicu terjadinya bencana alam yang lebih besar

Oleh karena itu, seluruh masyarakat di Kabupaten OKU Selatan, diharapkan selalu mengikuti himbauan dari BPBD Kabupaten OKU Selatan, dan pihak berwenang setempat “pungkasnya

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *