banner 728x250

Pelantikan PKD di Kecamatan Buay Pemaca, Siap Menjaga Integritas Pemilu 2024!

Buay Pemaca, Detiknasional.com – Pemilihan umum merupakan sebuah momen penting yang harus dihadapi oleh, setiap masyarakat yang tinggal di sebuah negara demokratis.

Momen tersebut, diharapkan dapat menjadi momentum untuk menunjukkan eksistensi demokrasi dalam sebuah negara.

Bersamaan dengan itu, para warga negara diwajibkan untuk aktif dan berpartisipasi dalam memberikan suaranya untuk memilih pemimpin, dan wakil rakyat yang dianggap paling layak.

Di Kecamatan Buay Pemaca, Kabupaten OKU Selatan, Provinsi Sumatera Selatan, tugas mulia untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan jujur, adil, dan transparan telah diberikan kepada 22 orang Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) yang baru saja dilantik pada hari Minggu, 2 Juni 2024.

Acara pelantikan, yang diselenggarakan di Aula Kecamatan Buay Pemaca tersebut berlangsung dengan penuh khidmat.

Para PKD yang dilantik tersebut, harus menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme, demi tercapainya pemilu yang sesuai dengan prinsip demokrasi yang sehat.

Baca Juga :  Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata hadiri Event Explore South Sumatra Expo 2024

Kehadiran berbagai unsur pemerintah dan keamanan yang hadir dalam acara ini, menunjukkan adanya sinergi kuat dalam upaya menciptakan pemilu yang bersih dan bebas dari kecurangan.

Selain itu, kehadiran tokoh-tokoh penting seperti Camat Buay Pemaca, Sainal Sagiman S.E., anggota Polsek, Koramil dan undangan lainnya turut memeriahkan acara tersebut.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Bawaslu OKU Selatan Doni Candra, yang diwakili oleh Komisioner Bawaslu OKU Selatan, Komang Wardiasa.

Dalam sambutannya, Komang menekankan pentingnya peran pengawas dalam menjaga integritas pemilu. “Pengawasan adalah kunci keberhasilan pemilu. Tugas kalian bukan sekadar formalitas, melainkan tanggung jawab besar untuk masa depan demokrasi kita,” tegasnya.

Baca Juga :  Pelaku Curanmor Inisial RE di Ciduk Satreskrim Polres Oku Selatan dan Reskrim Muaradua Kisam

Tidak ketinggalan, Camat Buay Pemaca, Sainal Sagiman S.E., juga memberikan sambutan yang inspiratif. Menurutnya, tugas yang diberikan kepada para PKD ini bukanlah tugas yang ringan, namun dengan integritas dan semangat yang dimiliki oleh mereka, proses demokrasi ini dapat tetap berjalan sesuai dengan aturan.

“Saya berharap kalian bisa menjalankan tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme,” ujar Sainal dengan penuh semangat.

Dalam suasana yang penuh semangat dan komitmen tersebut, sebanyak 22 PKD dari desa dan kelurahan di Kecamatan Buay Pemaca dilantik langsung oleh Ketua Panwascam, Suhaimi.

Para PKD ini, bertekad untuk dapat menjalankan tugas pengawasan dengan baik demi keberhasilan Pemilu 2024 di daerahnya.

Pelantikan ini merupakan bagian dari persiapan intensif menuju Pemilu 2024, di mana setiap elemen masyarakat diharapkan turut berperan aktif dalam menjaga proses demokrasi.

Baca Juga :  Sinergitas TNI Polri dan Tim Gabungan, Pemda dalam Kegiatan Bongkar Gudang dan Lokasi Penyulingan Minyak Ilegal di Banyuasin dan Muratara

Sehingga, seluruh masyarakat Kecamatan Buay Pemaca diimbau untuk turut mendukung para PKD yang baru dilantik, dalam menjalankan tugas pengawasan mereka.

Kesuksesan pemilu bukanlah hanya tanggung jawab pengawas, melainkan juga seluruh warga negara yang peduli pada masa depan bangsa.

Reporter: (Rani)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *