banner 728x250

Pelatihan Aplikasi Seluang, Wujudkan Keluarga Sejahtera bersama PKK di OKU Selatan

Muaradua, Detiknasional.com – Tim Penggerak PKK Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader PKK dalam pelaksanaan Aplikasi Model Seluang (Sapa Keluarga Sumsel Agar Berdaya dan Unggul), di Aula Serasan Seandanan Pemkab OKU Selatan pada Senin, 20 Mei 2024.

Kegiatan tersbut, membuka sosialisasi yang diikuti oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Pemerintah OKU Selatan, para TP PKK Kabupaten OKU Selatan, para Ketua TP PKK Kecamatan, Kelurahan Se- Kabupaten OKU Selatan serta undangan lainnya.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan, Ny. Isyana Lonitasari Popo, yang menjelaskan aplikasi model Seluang merupakan instrumen untuk mempermudah kelompok Dasawisma dalam pengisian data, serta pendataan dan evaluasi kinerja Gerakan PKK.

Dasawisma sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK, memiliki peran strategis untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera.

Sehingga tujuan kegiatan ini adalah, untuk meningkatkan Cakupan Pelaksanaan Program dan Kelembagaan Gerakan PKK, serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan seorang Kader tentang tujuan, dan manfaat pendataan melalui Aplikasi Model Seluang.

Baca Juga :  Kapolres Oku bersama Forkopimda Sidak Pasar dalam Rangka Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah

Kegiatan ini didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 36 Tahun 2020, tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2017, tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan Ny. Isyana Lonitasari Popo menambahkan bahwa, aplikasi ini dipersiapkan untuk pendataan dan evaluasi terhadap kinerja Gerakan PKK.

Menurutnya, aplikasi ini akan memudahkan kelompok Dasawisma dalam pengisian data. “Sehingga akan meningkatkan kinerja PKK di tingkat kecamatan dan kabupaten,” menurut Isyana Lonitasari Popo Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan.

Selanjutnya, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan, Ny. Rositdevy Sholehien, menyampaikan laporannya tentang maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini, yaitu meningkatkan cakupan pelaksanaan program dan kelembagaan Gerakan PKK.

“Serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan seorang Kader tentang tujuan, dan manfaat dilaksanakannya pendataan dengan menggunakan aplikasi Model Seluang,” sampainya Risitadevy Sholehien Wakil TP PKK Kabupaten OKU Selatan.

Baca Juga :  Sipropram Polres Oku Mendadak Periksa Kelengkapan Pribadi Handphone, KTA, KTP, SIM, STNK masing-masing Personel

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan juga mengungkapkan bahwa, Gerakan PKK merupakan sebuah civil society yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, mulai dari kelompok Dasawisma hingga tata kelola pemerintahan di tingkat kabupaten dan provinsi.

“PKK memiliki 10 program yang mendukung terwujudnya keluarga yang sejahtera. Karenanya, para kader PKK harus mampu dalam meningkatkan komunikasi dengan kelompok Dasawisma dan masyarakat di lingkungannya, termasuk dalam penggunaan aplikasi model Seluang,” ungkapnya.

Kegiatan pelatihan tersebut, mendapat dukungan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemerintah OKU Selatan.

Sebab, sesuai dengan visi dan misi Pemerintah OKU selatan, juga salah satu program prioritasnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk kelompok Dasawisma dan keluarga.

“Oleh sebab itu, kegiatan sosialisasi tentang aplikasi model Seluang ini dinilai sangat relevan, dan diharapkan dapat memperkuat Gerakan PKK di OKU Selatan,” ujarnya.

Dalam rangka pembinaan dan sosialisasi tersebut, Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan terus berupaya meningkatkan kapasitas para kader dan kesejahteraan keluarga.

Baca Juga :  Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbiran Dan Sholat Idul Adha 1445 H 2024

Salah satunya, melalui pelaksanaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader PKK, dalam pelaksanaan Aplikasi Model Seluang (Sapa Keluarga Sumsel Agar Berdaya dan Unggul).

Dengan adanya pelatihan, diharapkan kader-kader PKK di OKU Selatan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola kelompok Dasawisma.

“Pelatihan ini, dapat meningkatkan kinerja PKK dan meningkatkan kesejahteraan keluarga di seluruh wilayah Kabupaten OKU Selatan,” pungkasnya.

Reporter: (Rani)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *