banner 728x250

Satpol PP OKU Selatan, Lakukan Pengamanan Terkait Aksi Damai oleh Mahasiswa Aliansi OKU Selatan

Muaradua, detiknasional.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten OKU Selatan, telah melakukan tindakan pengamanan terhadap aksi damai yang dilakukan oleh Mahasiswa Aliansi OKU Selatan.

Aksi damai ini berlangsung di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKU Selatan, Sumsel pada hari Jumat, 07 Juni 2024.

Para mahasiswa tersebut menyampaikan tuntutan mereka secara terbuka dan tanpa halangan.

Seiring dengan adanya aksi tersebut, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten OKU Selatan telah melakukan pengamanan dengan ketat untuk memastikan situasi tetap kondusif, aman, dan terkendali selama aksi berlangsung.

Kepala Satpol PP Kabupaten OKU Selatan, Tarmizi S, memberikan pernyataan bahwa pengamanan yang dilakukan oleh pihaknya, bertujuan untuk menjaga ketertiban dan kelancaran aksi damai oleh mahasiswa.

Baca Juga :  IRT Jadi Kurir Pil Extacy di Ringkus Satresnarkoba Polres Oku

“Begitu juga dengan inisiatif yang diambil oleh pihak Satpol PP, aksi damai tersebut tetap berlangsung tertib dan tanpa insiden yang mencolok,” ungkapnya Tarmizi S Kepala Satpol PP Kabupaten OKU Selatan.

Dalam pelaksanaan pengamanan tersebut, Satpol PP telah berjaga selama berlangsung aksi tersebut di sekitar lokasi yang digelar oleh Mahasiswa Aliansi, untuk memastikan situasi selalu terkendali.

“Satpol PP telah berkomunikasi dan bekerja sama dengan lembaga terkait lainnya, seperti pihak  Kepolisian, dalam menjalankan pengamanan,” bincangnya.

Dalam pengamanan ini, pihak Satpol PP juga terus memantau situasi agar dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan, dalam meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan atau kejadian yang tidak diinginkan.

Aksi damai ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak atas upaya menjaga situasi yang kondusif selama pelaksanaan aksi.

Baca Juga :  PT Mitra Ogan Tidak Membayar 4 Bulan Gaji Karyawan

Aksi yang dilakukan, merupakan bagian dari kebebasan berpendapat dan prinsip demokrasi yang dijunjung tinggi oleh Negara.

“Para mahasiswa telah memperlihatkan bahwa, mereka bisa menyampaikan tuntutan mereka dengan cara damai dan tertib,” terangnya.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Satpol PP selalu berusaha menerapkan standar operasional prosedur (SOP), yang berkenaan dengan pengamanan aksi massa.

Hal ini bertujuan, untuk meminimalisir terjadinya kasus saat pelaksanaan tugas serta memastikan keamanan dan keselamatan bagi para peserta aksi, masyarakat yang melintas, dan aparat keamanan yang bertugas.

“Melalui kejadian tersebut, dapat kita lihat bahwa mahasiswa sebagai warga negara Indonesia juga, memiliki kebebasan untuk menyampaikan pendapat serta aspirasi kepada pihak yang berwenang,” jelasnya.

Namun, dalam menyampaikan pendapat tersebut, mahasiswa harus tetap memperhatikan aspek keselamatan dan ketertiban umum.

Baca Juga :  Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional, Kapolres Lampung Utara Beri Penghargaan Kepada Personel Yang Berprestasi

“Aksi damai yang dilakukan oleh, para mahasiswa tersebut menjadi bukti bahwa keamanan dan ketertiban selama aksi dapat terwujud, melalui kerja sama dan kepercayaan antara pihak aparat keamanan, masyarakat, dan pelaksana aksi,” pungkasnya.

Reporter: (Rani)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *